Berbagai istilah seperti data, database, informasi dan bahkan sistem informasi memberikan fondasi bagi pembahasan selanjutnya dan juga mengupas tentang DBMS( Sistem Manajemen Database).

  1. Data dan Informasi

Sebelum memahami database, kita perlu memahami makna data dan makna informasi , selain itu kita juga perlu memahami perbedaan makna data dan informasi.

 

  1. Data

Data adalah suatu bahan mentah yang kelak dapat diolah lebih lanjut untuk menjadi sesuatu yang lebih bermakna. Data inilah yang nantinya akan disimpan dalam Database.

 

  1. Informasi

Seringkali dinyatakan bahwa informasi adalah hasil pemrosesan data. Perosesnya sendiri dapat berupa peringkasan, perataan, penyajian ke bentuk grafik, ataupun yang lain, dengan tujuan untuk memudahkan interpretasi manusia.

 

  1. Database dan Sistem Informasi

Sistem Informasi dapat memberikan berbagai manfaat baik bagi internal organisasi maupun pihak luar . Data yang tersimpan dalam data Base dapat di ambil dan diproses sehingga menghasilkan informasi. Sebuah database menghimpun data yang terkait atau data yang saling berhubungan , kumpulan data tersebut terorganisasi, bisa melibatkan lebih dari satu orang.

Dengan menggunakan  database , kelemahan-kelemahan sistem pemrosesan berkas bisa diatasi. Kelemahan sistem pemrosesan berbasis berkas.

 

  1. Data yang terpisah-pisah dan Terisolasi

Sistem pemrosesan berbasis berkas cenderung terpisah-pisah dalam arti tersebar pada sejumlah berkas . kemungkinan inforamasi yang melibatkan data dalam berkas-berkas tersebut manjadi sulit diperoleh.

 

  1. Duplikasi Data

Sistem pemrosesan berbasis berkas menjadi lebih tersebar. Setiap bagian perusahaan yang memerlukan program berusaha untuk menciptakannya sendiri tanpa berkoordinasi dengan bagian lain. Sehingga , memungkinkan adanya data yang sama terdapat dimana-mana atau terduplikasi.

 

  1. Ketergantungan Program dan Data

Sistem pemrosesan berbasis berkas ketergantungan program terhadap data sangat tinggi. Bila struktur data sedikit berubah , program juga haris dimodifikasi. Hal itu terjadi karena struktur data ditulis dalam program.

 

 

 

 

  1. Ketidakkompatibelan berkas

Sistem pemrosesan berbasis berkas dibuat dengan berbagai bahasa pemrograman , seringkali terjadi perbedaan format data dalam berkas data dan dapat menimbulkan kesulitan dalam mendapatkan informasi yang diperoleh dari beberapa berkas.

 

  1. Ketergantunga terhadap pemrogram

Sistem pemrosesan berbasis berkas sangat tergantung pada pemrogram. Pembuatan laporan harus ditangani oleh pemrogram.

 

  1. Database Relasional

Database Relasional adalah jenis database yang menggunakan model relasional. Data disusun dalam bentuk sejumlah relasi atau tabel. Setiap tabel tersusun atas sejumlah baris dan kolom. Baris mewakili satu kesatuan data dan kolom menyatakan bagian-bagian yang menyusun sebuah baris.

 

  1. DBMS

DBMS(DataBase Management Systems) adalah suatu perangkat lunak yang ditunjukan untuk menangani penciptaan , pemeliharaan, dan pengendalian akses data. Pengelolaan data pun menjadi mudah dilakukan. Menyediakan berbagai peranti yang berguna misalnya peranti yang  memudahkan dalam membuat berbagai bentuk laporan.